Pemerintah Pusat Setuju Realokasi APBD DIY Untuk Penangangan Covid-19

 

SwaraJogja.com – Pemerintah Pusat telah memberikan izin bagi Pemerintah Daerah untuk merealokasi anggran dalam rangka percepatan penanganan Covid-19. Hal ini disampaikan oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubowo X dalam Konferensi Pers dihadapan wartawan 10/04/2020.

“Perlu diketahui bahwa Pemerintah Pusat telah memberikan ijin melalui Kementerian terkait untuk Realokasi Anggaran Daerah untuk penanganan Covid-19. Selain itu, Anggaran Dana Desa yang dari Pemerintah Pusat juga sudah diberikan ijin untuk di Realokasi jika dibutuhkan. Pemerintah Desa dapat mengalokasikan dana desa untuk Bantuan Tunai jika dibutuhkan atau untuk pembangunan infrastruktur secara Gotong Royong atau Padat Karya”. Ungkap Sri Sultan. Realokasi Penggunaan Dana Desa untuk Penangangan Covid-19 ini maksimal 20%

Ketika ditanya terkait Realokasi Dana Keistimewaan Yogyakarta, Sri Sultan mengatakan bahwa hal itu perlu di konfirmasi ke Pemerintah Pusat karena skemanya beda dengan APBD. Namun demikian, Pemda DIY belum bergerak ke arah sana.

Sebelumnya berbagai kalangan mendesak agar Pemda berani merealokasikan sebagian APBD dan Danais nya untuk penangangan Covid-19. Desakan ini juga disampaikan oleh Fraksi PDI Perjuangan DPRD DIY beberapa waktu lalu.