Kustini Sri Purnomo Siap Lanjutkan Sleman Makin Cerdas

Seri Profil Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah di DIY

 

Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo

SwaraJogja.Com – Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo, begitu nama lengkap wanita berusia hampir 60 tahun ini. Istri Bupati Sleman Sri Purnomo ini mulai ramai diperbincangkan masyarakat Sleman termasuk dalam perbincangan di Media dan Media Sosial.

Bunda Kustini, begitu ia sering dipanggil kini maju sebagai Calon Bupati Sleman pada Pilkada 2020 berpasangan dengan Danang Maharsa, Anggota DPRD Kabupaten Sleman dari Fraksi PDI Perjuangan. Kustini Sri Purnomo dan Danang Maharsa diusung oleh PDI Perjuangan yang memiliki 15 kursi di DPRD Sleman yang berarti dapat mengusulkan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah sendiri atau berkoalisi dengan partai yang lain.

Wanita yang menyukai batik ini lahir di Jepara 12 Oktober 1960 dan mengenyam pendidikan dasar hingga menengah di Bumi Kartini, Jepara. Ia melanjutkan kuliah di IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan mendapatkan gelar Sarjana Muda kemudian melanjutkan ketingkat Sarjana di Fakultas Ushuluddin jurusan Perbandingan Agama.

Kustini Sri Purnomo aktif di berbagai organisasi sosial seperti Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Sleman tahun 2005 kemudian pada tahun 2020 menjabat sebagai Ketua TP PKK Sleman. Selain di PKK, ia juga aktif diorganisasi perempuan yaitu Gabungan Organisasai Wanita Sleman dan Dharma Wanita Kabupaten Sleman.

Ia juga gemar berolahraga sehingga bergabung dalam Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (PERWOSI) Kabupaten Sleman. Dan dalam bidang keagamaan, Kustini juga aktif sebagai anggota di Pimpinan Daerah Asyiah Sleman.

Selain di organisasi sosial, Kustini juga aktif di Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Sleman. Yayasan Kanker Indonesia (YKI) adalah organisasi nirlaba yang bersifat sosial dan kemanusiaan di bidang kesehatan, khususnya dalam upaya penanggulangan kanker.

Kustini juga aktif melakukan kegiatan pemberdayaan UMKM saat menjadi ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sleman.

Dari aktifitas sosialnya, Kustini banyak mendapatkan penghargaan atas prestasinya seperti sebagai Juara Tertib Administrasi (Madya III) dalam kapasitasnya sebagai ketua TP PKK Sleman tahun 2010, Bunda PAUD Nasional tahun 2015, Pencetus Batik Parijotho Salak sebagai ciri khas Sleman dalam kapasitas sebagai Ketua Dekranasda Sleman dan banyak prestasi lainnya.

Kini di perhelatan Pilkada Sleman tahun 2020, Kustini maju sebagai calon bupati bersama Danang Maharsa sebagai Calon wakil bupati. Kustini bersama Danang Maharsa tentunya siap memajukan sleman menjadi lebih baik dengan melanjutkan Pembangunan untuk mewujudkan Sleman Makin Cerdas, Peduli Ekonomi Rumah Tangga dan bersama-sama warga Sleman memerangi Pandimi Covid-19