Jogja Memang Ngangenin

Oleh : Supriyanto

SwaraJogja.com – Jogja ngangenin, dua kata yang sering terucap dari orang yang pernah tinggal atau berkunjung ke Jogja. Banyak hal yang menarik dan berkesan dari Jogja, Kota Kecil penuh sejarah.

 

Jogja memberi kesan tersendiri dihati. Warganya yang ramah terhadap pendatang membuat saya yang pendatang seolah-olah jadi warga asli Jogja.

 

Yang bikin kangen lagi adalah makanan Jogja yang lezat dan unik. Gudeg menjadi menu favorit jika ingin sarapan atau makan saat dinihari. Soto, pecel, lotek dan makanan lainnya juga memberi warna akan rasa kangen kota pelajar ini.

 

Selain makanan juga banyak tempat tujuan wisata yang indah, unik dan tentunya bersejarah. Kraton, Malioboro, Kaliurang, Parangtritis adalah legenda tempat-tempat wisata Jogja. Namun seiring majunya jaman, kini banyak tempat-tempat wisata baru yang ditemukan atau didesign oleh Pemerintah. Contohnya Gua Pindul, tebing breksi, Kalibiru, Titik Nol Kilometer dan lain sebagainya.

 

Setiap ke Jogja saya selalu meluangkan waktu ke tempat-tempat wisata dan bersejarah serta menikmati lezatnya  makanan dari warung khas Jogja. Tentunya kini ada kewajiban baru yaitu mengajak keluarga terutama anak agar mengenal kota tempat orangtuanya pernah dididik.

 

*Penulis adalah alumni SMA 11 dan UII Jogja asal Lampung yang kini tinggal di Jakarta

#FOLLOW US ON INSTAGRAM