Jelang Pendaftaran Pilkada Sleman, Baru Kustini-Danang Yang Siap Daftar Ke KPU

SwaraJogja.Com – Percaturan Politik Sleman semakin seru dan dinamis Jelang Pendaftaran Pasangan Calon pada Pilkada 2020 4 – 6 September 2020. Semua Bakal Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah  mulai serius mematangkan pasangan masing-masing dan dukungan partai politik.

Kandidat yang sudah pasti akan mendaftar ke KPU Sleman pada 4 September 2020 adalah Kustini Sri Purnomo dan Danang Maharsa yang didukung oleh PDI Perjuangan (15Kursi) dan PAN (6 Kursi). Sedangkan kedua kandidat yang mengemuka lainnya masih berproses dan berdinamika dalam mencari pasangan dan dukungan partai politik.

Pada pertengahan agustus lalu sempat terdengar kabar bahwa 4 Partai Politik yaitu Gerindra (6 kursi), PKB (6 kursi), Golkar (5 kursi) dan PPP (3 kursi) total 20 kursi, akan mendukung Danang Wicaksana Sulistya yang akan dipasangkan dengan Agus Kholik dari PKB. Asumsi dukungan partai politik ini menimbulkan spekulasi salah satu kandidat  yaitu Sri Muslimatun terancam tidak mendapatkan dukungan yang cukup untuk mendaftarkan diri ke KPU. Sri Muslimatun kabarnya hanya didukung oleh Nasdem (3 kursi) dan PKS (6 kursi) yang ditotal hanya memiliki 9 kursi dari minimal 10 kursi yang dipersyaratkan untuk bisa mendaftar ke KPU.

Namun perkembangan terakhir, dalam tubuh internal PPP Sleman terjadi perubahan stuktur kepengurusan. DPW PPP DIY mencopot ketua PPP Sleman dan digantikan dengan kepengurusan baru yang langsung didaftarkan ke KPU. Perombakan struktur kepengurusan PPP ini informasi yang resminya terkait roda organisasi semata, namun patut diduga berhubungan dengan pilkada karena dilakukan jelang pendaftaran Calon ke KPU.

Yang terkesan tertutup dari pemberitaan adalah dukungan Partai ke Sri Muslimatun. Kabar dukungan Nasdem dan PKS pun belum dilakukan secara resmi dan terbuka. Demikian juga dengan Partai Golkar yang belum mendeklarasikan dukungan secara resmi jatuh ke siapa.

Sedangkan PKB Sendiri pun walau sudah tersiar kabar akan berkoalisi dengan Gerindra namun belum ada pernyataan resmi dari Pengurus PKB terkait dukungannya di Pilkada Sleman tahun 2020.

Jika melihat perkembangan terakhir geliat dukungan Partai Politik terhadap Pasangan Calon, maka kemungkinan akan terdapat 2 sampai 3 pasangan calon yang maju di Pilkada Sleman. Pertama yang sudah jelas dukungannya adalah Kustini Sri Purnomo – Danang Maharsa yang didukung oleh PDI Perjuangan dan PAN, kedua, Danang Wicaksana Sulitya – Agus Kholik didukung oleh Gerindra dan PKB walau PKB sendiri belum secara resmi mengumumkan siapa calonnya. Serta Satu lagi Sri Muslimatun yang belum jelas berpasangan dengan siapa dan didukung oleh partai apa saja.

Perubahan Politik memang tak bisa diprediksi secara matematika dan terkadang diputuskan di injuri time, atau jelang penutupan pendaftaran Pilkada. Peta Pilkada Sleman masih bisa berubah, tidak hanya dukungan partai politik saja yang berubah tetapi siapa yang dicalonkan pun masih ada kemungkinan berubah.