Ciri-ciri pinjol ilegal
Ciri-ciri pinjol ilegal

Ini Ciri-ciri Pinjol ilegal yang Harus Kamu Waspadai

Posted on

Sampai hari ini masih marak terjadi korban pinjaman ilegal.Tebaru, beberapa orang diberitakan oleh televisi nasional mengeluhkan teror-teror yang tak pantas dari para penagih pinjaman online. Perilaku tak manusiawi tersebut ternyata dilakukan oleh jasa keuangan digital yang tak memiliki ijin.

Para korban diintimidasi dalam bentuk ancaman kekerasan fisik, disebar data pribadinya serta diteror dengan ancaman akan menyebarkan foto-foto tak senonoh yang sudah diedit atau digabungkan dengan foto pengguna pinjaman yang menunggak. Penagihan dengan cara seperti ini ternyata kerap dilakukan oleh tim penagih sebagaimana keterangan yang diambil oleh penyidik Polri yang menggerebek kantor pinjaman ilegal di Jakarta. Penunggak pinjaman tak dibuat bernafas, setiap hari puluhan bahkan ratusan panggilan masuk terus menghantui, belum lagi pesan-pesan yang berupa ancaman tak berhenti menghiasi notifikasi telepon seluler.

Kini satu demi satu perusahaan keuangan tak berijin ini tumbang lewat serangkaian penggerebekan yang dilakukan oleh polisi. Rata-rata berkantor di Jakarta, sisanya ada di Lampung, Jawa tengah, dan Yogyakarta. Ciri-ciri bangunan kantor yang ditempati memang tak diberi indentitas meski setiap hari hampir ratusan orang beraktivitas. Hanya parkiran kendaraan yang terlihat padat tetapi tak ketahuan apa kegiatan didalam bangunan tersebut. Sampai akhirnya dipastikan sebagai kantor jasa pinjaman online ilegal oleh tim gerak cepat yang dibentuk oleh Kapolri atas perintah langsung Presiden Jokowi.

Sampai hari ini puluhan Pinjol ilegal telah ditutup kantornya serta dihentikan aktivitasnya menyusul tertangkapnya pengurus-pengurusnya dan pegawai bagian penagihan akibat tindakan sadis yang dilakukan terhadap pengguna pinjaman. Tak berhenti sampai disitu, pemerintah masih terus mengejar perusahaan-perusahaan lain yang masih nekad beroperasi tanpa ijin. Polisi terus berkoordinasi dengan Otoritas jasa keuangan mencocokkan data pinjol ilegal dan yang resmi.

Pinjol resmi diharapkan tetap mengikuti kaidah atau aturan yang dikeluarkan oleh OJK, sedangkan pinjol ilegal akan ditutup permanen imbas dari kerugian yang ditimbulkannya. Pinjol ilegal meresahkan masyarakat ditengah merosotnya ekonomi yang terdampak oleh pandemi covid-19. Pemilik perusahaan pinjaman tak resmi ini hanya mengejar keuntungan yang besar tapi melupakan atau mengabaikan kaidah-kaidah pinjman meminjam yang adil sesuai dengan yang diatur oleh undang-undang negara kita.

Aksi Polisi memberangus pinjaman online ilegal sudah seharusnya didukung, demi kenyamanan pengguna. Sebagai informasi buat kamu, berikut ciri-ciri pinjaman ilegal yang harus kamu waspadai :

Ciri-ciri pinjol ilegal
Ciri-ciri pinjol ilegal

1. Suku bunga yang ditawarkan sangat tinggi

berbeda dengan pinjol resmi, pada pinjol ilegal biasanya menawarkan bunga yang tinggi namun proses pengajuannnya dibuat semudah mungkin. Tentu iming-iming seperti ini bisa mempengaruhi konsntrasi pencari pinjaman. Lengah karena kebutuhan mendesak, pinjol ilegal siap-siap menjerat mangsanya.

2. Menawarkan pinjaman melalui sms Spam

Seharusnya modus yang seperti ini mudah diwasapadai, sebab pesan-pesan spam kadang sudah ditandai oleh fitur-fitur handpone android. Namuan nyatanya, masih banyak yang tergoda tawaran dari sms asing seperti ini. Sms spam dari pinjol mudah ditandai, jangan teruskan membaca, segera hapus agar tak menjadi bahan pikiran.

3. Pinjol ilegal tidak memiliki layanan pengaduan dan identitas kantor yang jelas.

Seperti yang sudah dijelaskan diawal, pinjol ilegal memang tak mencantumkan layanan pengaduan atau bahkan alamat kantor. Niat jahat dari perusahaan ini dapat dibaca jika kamu jeli, perhatikan lebih dahulu situs web atau identitas lainnya. Jika tak ditemukan, jangan teruskan pengajuan anda, uninstall aplikasinya segera.

4. jangka waktu pelunasan sangat singkat

Meskipun kebutuhan kamu sudah sangat mendesak, jangan terjebak dalam pinjaman ilegal. Ciri-ciri yang satu ini kerap ditemukan dalam penawaran pinjaman online yang tidak resmi. Pengguna dibiarkan berpikir dengan mendapatkan pencairan segera namun pengembaliannya juga tak manusiawi. Pinjaman ilegal kadang mematok jangka waktu 1 minggu berikut bunga yang tinggi.

5. Pinjol ilegal melakukan penagihan tidak beretika berupa teror, intimidasi, dan pelecehan

Nah ciri-ciri yang seperti ini adalah paling sering terjadi, seperti yang sudah diulas diawal bahwa pinjaman online yang tidak resmi kerap melakukan penagihan dengan cara meneror penggunanya. Melakukan intimidasi setiap hari sampai tunggakan dibayarkan. Dalam berbagai laporan, ditemukan debt colector pinjaman online melakukan pelecehan terhadap konsumennya. Sadis bukan? kenali ciri-ciri ini.

Itulah 5 ciri-ciri pinjaman online ilegal, jika menemukan 5 hal tersebut diatas urungkan niat kamu sebelum terjerat pinjol.


Leave a Reply

Your email address will not be published.