Dekranasda, Lokomotif Kreativitas Warga

SwaraJogja.com – 29/7/2020, Ketika tumpeng dipotong, ingatan saya terlempar ke beberapa tahun yang lalu, tepatnya 2012. Ketika Dekranasda Kabupaten Sleman mengadakan Lomba Desain Motif Batik Sleman.

Kala itu, motif batik sinom parijotho mulai dikenal hingga akhirnya menjadi identitas motif batik khas Kabupaten Sleman. Setelah itu, inisiatif untuk menggenjot industri kreatif Sleman makin kencang. Aspirasi semakin deras saya terima.

 

 

Pada 2018, pembangunan gedung Dekranasda mulai diinisiasi. Sebuah “rumah besar” bagi pelaku UMKM Sleman memamerkan dan memasarkan karyanya. Kini, 2020, bulan Juli, gedung Dekranasda sudah resmi bisa digunakan. Saya sangat bahagia.

Saya berdoa dan berharap, gedung ini menjadi lokomotif yang mendorong perekonomian Sleman, khususnya UMKM, supaya lekas bangkit di tengah pandemi.

Menyesuaikan kondisi, Pemkab Sleman sudah membangun kanal digital supaya calon pembeli lebih mudah menemui para kreator kreatif UMKM Sleman di serayuhimki.com. Sebuah kanal yang bisa diakses di mana saja, kapan saja.

Mari bergerak bersama, sebagai wujud dari niat Sleman Cerdas dan para manusia sembada.

oleh: Kustini Sri Purnomo