Aplikasi Cek Bansos, Anda dapat memeriksa dan mendaftar tanpa repot!

Posted on

Seperti yang kita ketahui, Kemensos terus menyalurkan dana bantuan pangan dalam bentuk non tunai  dan bantuan sembako dalam bentuk non tunai kepada setiap keluarga yang membutuhkan.

Pemberian bantuan sosial ini merupakan wujud dari bantuan pemerintah kepada masyarakat yang terkena dampak pandemi dalam beberapa tahun terakhir.

Hanya saja masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui cara mendaftar sebagai penerima bantuan, sehingga yang seharusnya menerima bantuan malah tidak mendapatkannya.

Belum lagi masalah-masalah lain seperti banyaknya orang tidak bertanggung jawab seharusnya tidak layak mendapatkan Bansos ini, malah masuk dalam daftar untuk menerima apa yang bukan haknya.

Tentu saja karena ulah para oknum nakal yang mengaturnya, kuota orang yang seharusnya menerima bantuan pun digunakan untuk mereka.

Cara Menggunakan Aplikasi Cek Bansos beserta Link Download Aplikasi Cek Bansos!!

Tentunya setelah membaca penjelasan pada ulasan sebelumnya, para pembaca sudah mengetahui bahwa pendaftaran sebagai penerima kesejahteraan kini hanya dapat dilakukan melalui aplikasi.

Anda tidak hanya dapat menggunakan aplikasi Cek Bantuan Sosial untuk mendaftarkan diri Anda, tetapi juga orang-orang dari daerah Anda yang dianggap layak untuk menjadi penerima Bantuan sosial.

Dengan mendaftar melalui aplikasi tentunya kita juga akan menghindari dan mengurangi keramaian, sehingga akan jauh lebih aman, apalagi dengan kondisi saat ini kita harus saling menjaga jarak dan tidak memaksa.

Selain itu melalui aplikasi Cek Bansos kita juga bisa mengadukan oknum-oknum nakal yang hidup berkecukupan, tetapi mendaftar sebagai penerima Bantuan Sosial dan akhirnya mendapatkan dana Bansos juga.

Hal ini tentunya tidak sesuai dengan tujuan pemberian dana bansos, dana bansos bertujuan untuk membantu masyarakat yang kesulitan ekonomi baik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari maupun untuk mempertahankan usaha kecil (UMKM).

Bantuan ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pangan atau ada bantuan lain berupa modal agar dapat menjalankan usaha kecil-kecilan yang kekurangan uang.

Kini pengaduan terhadap oknuk-oknuk yang tidak bertanggungjawab tersebut dapat diajukan melalui aplikasi tanpa diketahui oleh siapa pun karena identitas pelapor bersifat anonim untuk menghindari masalah seperti perkelahian karena orang/pelaku tidak menerima pengaduan tersebut.

Sekarang mari kita cari tahu fitur apa saja yang termasuk dalam aplikasi Pemeriksa Kesejahteraan Sosial ini

Aplikasi resmi bansos Kementerian Sosial Republik Indonesia memuat dua fitur. 2 fungsi dibagi menjadi:

Fitur Saran

Fitur ini bertujuan untuk menyarankan diri Anda sebagai penerima manfaat atau menyarankan orang lain yang dianggap layak menerima bantuan ini

Tentunya untuk menggunakan fungsi ini kita harus memasukkan data-data yang diperlukan, yang nantinya akan diolah dan kemudian akan diberikan hasil apakah pengajuan tersebut diterima atau ditolak. Jika pengajuan diterima, Anda akan menerima bantuan

Fungsi Sanggahan

Fungsi sanggahan ini digunakan untuk menyampaikan keberatan atau pengaduan terhadap orang yang seharusnya tidak menerima bantuan sosial.

Misalnya, ada masyarakat yang hidup dalam golongan menengah ke atas dan tidak dalam keadaan tidak memiliki cukup uang untuk memenuhi kebutuhannya, tetapi telah mengajukan diri untuk dana bantuan atau telah menerima dana bantuan.

Tentu saja Anda harus mengeluh tentang itu, karena orang-orang ini mengambil apa yang bukan hak mereka

Pengaduan tentang fitur ini juga akan menyembunyikan identitas pelapor. Identitas pelapor tetap anonim. Hal ini untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti B. Timbulnya pertengkaran karena tidak menerima pengaduan

Berikut ini menjelaskan cara menggunakan fitur saran dan sanggahan dalam cek kesejahteraan:

  • Pemohon bisa mendownload Aplikasi Cek Bansos terlebih dahulu dari “Download Link” di bawah postingan ini!
  • Setelah aplikasi diunduh dan diinstal, lanjutkan untuk mendaftarkan akun.
  • Pendaftaran akun dilakukan dengan memasukkan data yang diperlukan seperti nomor NIK E-KTP dan detail identitas diri.
  • Setelah akun dibuat, pemohon akan melihat tampilan awal aplikasi. Ada menu yang berbeda
    Pilih menu “Proposal” untuk mendaftar sebagai penerima. Anda dapat menyarankan diri Anda sendiri atau orang lain yang Anda rasa layak membutuhkan bantuan
  • Masukkan data yang diperlukan pada halaman menu.
  • Pilih jenis dukungan yang Anda inginkan, misalnya BTS Kemensos
  • Kemudian tunggu untuk menerima SMS konfirmasi jika aplikasi diterima dan tentu saja Anda akan menjadi penerima manfaat.
  • Pilih menu “Sanggah” untuk mengadukan oknum-oknum nakal yang seharusnya tidak mendapat bantuan, namun terdaftar menjadi salah satu penerima manfaat

Tunggu apa lagi? “Klik Download” untuk mendapatkan Aplikasi Resmi Cek Bantuan Sosial Kementerian Sosial Republik Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.