5 cara menghapus data pinjaman online

Ulasan kami kali ini akan membahas cara menghapus data pada aplikasi pinjaman online. Mengingat rentannya penyalahgunaan data pelanggan pada pinjaman online sebaiknya data pribadi harus dilindungi. Pada saat mengajukan pinjaman, biasanya pihak aplikasi akan meminta …

Cara menghapus data pinjaman online

Ulasan kami kali ini akan membahas cara menghapus data pada aplikasi pinjaman online. Mengingat rentannya penyalahgunaan data pelanggan pada pinjaman online sebaiknya data pribadi harus dilindungi. Pada saat mengajukan pinjaman, biasanya pihak aplikasi akan meminta deretan data pribadi sebagai bagian dari verifikasi kelayakan menerima pinjaman.

Pengguna harus melewati beberapa tahan pengisian biodata, mulai dari foto kartu tanda penduduk, foto wajah secara real, data keluarga dan beberapa macam data lainnya. Syarat tersebut, mau tidak mau harus dipenuhi oleh para pencari pinjaman agar mendapatkan persetujuan pinjaman. Akibatnya data ini jika jatuh ke pihak yang tidak bertanggungjawab akan rentan disalahgunakan.

Data pribadi yang seharusnya rahasia ini bisa dipakai oleh orang lain untuk kebutuhan tertentu. Naasnya pemilik data yang asli yang akan kena akibatnya. Tak jarang ditemukan tagihan pinjaman pada aplikasi tertentu kepada seseorang padahal ia merasa tidak melakukan pinjaman. Contoh lain adalah pembobolan data yang mengkibatkan kerugian materiil si pemilik data. Penyalahgunaan data oleh pihak lain memang sangat merugikan.

Agar kamu tidak menjadi pihak yang dirugikan, berikut cara menghapus data pad aplikasi pinjaman online

Cara menghapus data pinjaman online2
Cara menghapus data pinjaman online

Hapus unduhan Aplikasinya

Setelah tak lagi berurusan dengan aplikasi tertentu,atau telah melakukan pelunasan pinjaman, hapuslah aplikasi tersebut. Ini berguna agar kamu tak lagi bergantung pada aplikasi itu. Adanya aplikasi dalam telepon selular terkadang memungkinkan kamu untuk melakukan pengajuan pinjaman lagi, dan itu berarti datamu tetap terkoneksi dengan aplikasi itu. Cara hapus aplikasi sangat mudah.

Kunjungi Playstore tempat kamu menginstal, cari aplikasi pinjol yang sudah diunduh, lalu klik uninstal,maka aplikasi tersebut akan hilang dari hp anda. Bila tak mendesak, sebaiknya jangan mengunduh aplikasi lagi.

Hapus data diri pada aplikasinya

Jika aplikasinya masih terpasang di telepon selulermu, cobalah hapus data pribadi dengan cara masuk pada menu pengaturan aplikasi pada telepon genggam kamu, pilih menu pengaturan aplikasi lalu cari hapus data cache. Telepon seluler kamu akan kembali seperti sedia kala seperti sebelum menginstall aplikasi. Dengan demikian data pengguna pinjaman akan sulit disebar oleh pihak lain. Menghapus data dengan cara seperti ini

Ganti nomor telepon seluler

Nah cara ini biasanya dipakai untuk menghindari hujan notifikasi tawaran pinjaman online terus menghantui pengguna. Biasanya pinjaman online akan datang lagi menawarkan dengan berbagai rayuan. Mengganti kartu SIM adalah cara ampuh agar terhindar dari bayang-bayang pinjol.

Jejak-jejak pinjaman online tak akan mampir lagi pada telepon selulermu. Dipastikan hidupmu lebih tenang setelah tak lagi berurusan dengan pinjaman ilegal yang meneror seperti hari-hari sebelumnya.

Lapor kepada Otoritas Jasa Keuangan

Ketika kamu merasakan data pribadimu telah disalahgunakan, maka sebaiknya melapor kepada OJK. Lembaga negara itu bisa saja menegur pihak penyedia jasa aplikasi pinjaman online jika ditemukan kebocoran data atau penyalahgunaan data. Perusahaan pinjaman online yang terpercaya sebetulnya telah menerapkan standar keamanan yang tinggi untuk melindungi data konsumen. Perusahaan pinjaman online yang terdaftar, akan berupaya melindungi data diri anda sebaik mungkin. Namun, jika ditemukan kasus-kasus tersebut sebaiknya laporkan kepada OJK.

Hubungi layanan resmi call center aplikasi pinjol

Nah, jika pinjaman telah dilunasi, mintalah penghpusan data melalui layanan telepon pelanggan tersebut. Biasanya costumer service akan segera membantu memproses permintaan anda. Data peminjam akan segera terhapus jika telah melakukan permintaan hapus data. Ini juga memungkinkan pengguna telepon seluler yang pernah melakukan pinjaman online tak akan dihantui notifikasi tawaran pinjaman lagi, sebab data anda tak lagi tersimpan pada server aplikasi tersebut


Leave a Comment