Megawati Singgung Pentingnya Pangan Dalam Pengumuman Calon Kepala Daerah PDI Perjuangan Gelombang IV

SwaraJogja.Com – PDI Perjuangan kembali mengumumkan Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang akan diusung pada Pilkada Serentak Tahun 2020. Sebanyak 62 pasangan diumumkan secara virtual dalam Rapat Pleno DPP PDI Perjuangan yang berlangsung terbuka untuk umum.

ke 62 Pasangan Calon tersebut diumumkan satu persatu oleh Puan Maharani, Ketua DPP Bidang Politik dan Kemananan. Saat mengumumkan Puan Maharani nampak mengecek satu persatu Pengurus DPD dan Pasangan Calon yang hadir secara virtual di daerah masing-masing.

Pengumuman Pasangan Calon Kepala Daerah Gelombang IV ini diawali dengan tari-tarian dari Bali yang moderatori oleh Hasto Kristiyanto, Sekjen DPP PDI Perjuangan dari Lantai 5 Gedung DPP PD Perjuangan. Ruangan yang dijadikan pusat kegiatan partai ini disulap dengan hiasan berbagai macam tanaman sebagai simbol perjuangan kedaulatan pangan yang digagas oleh Partai berlambang moncong putih ini.

Setelah pembacaan nama-nama Pasangan Calon, Megawwti  Soekarnoputri, Ketua Umum PDI Perjuangan memberikan arahan kepada para calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang hadir secara virtual.  Dalam pengarahannya, Megawati Soekarnoputri menekankan kepada calon pemimpin daerah ini tentang pentingnya kedaulatan pangan di negeri ini. Megawati Soekarnoputri menyarankan pemerintah untuk lebih menggalakkan penanaman makanan pangan pendamping beras. Kondisi semakin mendesak karena pandemi covid-19 memunculkan ancaman pangan ke berbagai negara.

Dalam arahannya tersebut Megawati menyinggung bahwa beras bisa didampingi oleh bahan pangan lain. Misalnya saja umbi-umbian.

“Ada singkong, ada ubi jalar, jagung, kemudian sukun,” kata Megawati

Menurut Megawati, jika Pemerintah menggalakkan penanaman makanan pendamping beras tersebut, maka ketergantungan terhadap beras juga akan berkurang. Selain itu, masyarakat pun tak lagi terlalu bergantung akan pemberian beras oleh Pemerintah.